Macam macam penyakit menular

Judul Macam macam penyakit menular
Isi Artikel Presentation Transcript

1. by:Alfin Rifqi Febrian
2. • Penyakit adalah suatu keadaan abnormal dari tubuh atau pikiran yang menyebabkan ketidaknyamanan, disfungsi atau kesukaran terhadap orang yang dipengaruhinya. Untuk menyembuhkan penyakit, orang-orang biasa berkonsultasi dengan seorang dokter.
3. • Penyakit menular adalah penyakit yang bisa menular dari satu orang ke orang yang lain. Penularan dari penyakit ini biasanya terjadi bila terjadi kontak antara orang yang sakit dengan orang lain. Bisa juga terjadi secara langsung maupun melalui perantara. Biasanya sifat dari penyakit menular adalah akut, berdurasi pendek, dan biasanya disebabkan oleh patogen.
4. Penyakit ini disebabkan oleh virus yangmenyerang saluran pernafasan. Penyakitini termasuk jenis penyakit yang cepatsekali menular. Gejala dari penyakit iniadalah menggigil, demam, sakit kepala,nyeri otot punggung, tubuh terasa lemas,lelah, berkeringat, kerongkongan terasasakit, batuk - batuk, hidung berair, sertasuhu tubuh meninggi.
5. • Cara mengobati penyakit influenza adalah dengan cara mengkonsumsi air putih sebanyak - banyaknya dan istirahat yang cukup. Dan Minum Minuman Pereda Pilek.
6. Penyakit demam berdarah adalah penyakitinfeksi yang bisa berakibat fatal dalam waktuyang sangat relatif singkat. Demam berdarahtidak menular melalui kontak manusia secaralangsung tetapi bisa ditularkan melalui nyamukAedes Aegypti betina yang menyimpan viruspada telurnya dan selanjutnya akan menularkanvirus tersebut kepada manusia melalui gigitan.Nyamuk jenis ini biasanya menggigit pada sianghari (09.00 - 10.00) atau sore hari (16.00 -17.00)
7. Gejaladari penyakit demam berdarah ini diantaranyaadalah• demam secara tiba – tiba• sakit kepala berat• sakit pada sendi dan otot• serta timbul bintik - bintik merah pada kulit
8. Pencegahan dari penyakit demam berdarah inibisa dilakukan dengan cara :• penyemprotan nyamuk di lingkungan rumah dan masyarakat,• membersihkan saluran air, menutup tempat penyimpanan air,• membersihkan dan mengurasbak mandi,• serta mengubur barang - barang bekas yang sudah tidak dipakai
9. Diare adalah penyakit yang disebabkan olehvirus. Orang yang terkena diare akanmengalami sering buang air besar dengantekstur faces yang encer. Diare berat bilatidak ditangani dengan benar bisamenyebabkan dehidrasi serta bisa jugamenyebabkan kematian.
10. Penyakit diarebisa disebabkan oleh gejala luka, alergizat tertentu, penyakit dari makanan,kelebihan mengkonsumsi vitamin C.Penyakit diare bisa diobati dengan caramengkonsumsi cairan yang banyakterutama oralit sehingga bisa menggantijumlah cairan yang keluar melalui buangair besar.
11. TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacteriumtuberculosis yang dapat menyerang semua bagiantubuh tapi yang terbanyak adalah paru-paru.Orang yang terkena TB bisa menularkan ke oranglain melalui sistem pernapasan. Penyakit TB kinimakin sulit disembuhkan sesudah ditemukannyavirus yang bermutasi XDR-TByang kebal terhadapobat-obat yang adasaat ini.
12. Cacar airyang disebabkan virus Varicella Zoster inibersifat menular. Pada kulit penderita akanditemukan sekumpulan bintik-bintik kecil,bersisi cairan, atau keropeng. Bintik-bintiktersebut membuat penderita merasa gatal. Efekjangka panjangnya adalah cacat pada kulit,infertilitas, dan kadang-kadang kebutaan. Gejalalainnya seperti demam, sakit kepala, nyeritubuh dan ruam.
13. Malariasudah membunuh 2 juta orang per tahun danmenyebabkan 400 hingga 900 juta kasus demansetiap tahunnya. Parasit malaria ditularkan olehnyamuk, dan mereka berkembang biak di seldarah merah. Gejalanya seperti anemia, demam,mual, dan pada beberapa kasus ekstrem dapatmenyebabkan koma hingga kematian. Malariamerupakan permasalahan terbesar di daerahtropik dan subtropik di dunia.
14. Penyakit ini bisa dikatakan yang paling parahdari semua dan mematikan. Penderita muntaberdapat kekurangan cairan tubuh dengan cepat,Apalagi jika menimpa anak-anak dan bayi.
15. Campak adalah penyakityang disebabkan oleh virusparamiksovirus. Penyakit ini menular dari ludah sipenderita. Masa inkubasi penyakit ini adalah 10-14hari. Penyakit ini gejalanya adalah panas, hidungberlendir, batuk, tenggorokan sakit, nyeri pada ototdan mata menjadi merah. Pada puncaknya penderitaakan merasakan sakit, ruam di seluruh tubuh dansuhu badan yang tinggi. Penyakit ini dapat dicegahdengan pemberian vaksin campak ketika masih bayi.
16. Polio disebabkan oleh virus yang termasuk genusenterovirus famili Picornavirus yang menyebabkanpenderitanya lumpuh layu. Virus initahan terhadap pengaruh fisik danbahan kimia. Virus ini juga dapat hidupdalam tinja penderita selama 90-100hari. Virus ini dapat bertahan lamapada air limbah dan air permukaan,bahkan dapat sampai berkilo-kilometerdari sumber penularan.
17. Kolera (cholera) adalahpenyakit infeksi saluranusus. Sifat kolera akut,penyebabnya bakteri Vibrio cholerae. Bakteri inimasuk ke dalam tubuh seseorang melalui makananatau minuman yang terkontaminasi. Di dalam ususbakteri mengeluarkan enterotoksin (racunnya).Akibatnya penderita terserang diare (diarrhoea)disertai muntah yang akut dan hebat. Akibat lanjut,penderita kehilangan banyak cairan tubuh danmasuk pada kondisi dehidrasi yang bisa mematikan.
18. Penyakit pes yanglebih dikenaldengan "Black Death",merupakan penyakit menular yang disebabkanoleh bakteri Yersinia pesti, paling sering dibawaoleh hewan pengerat dan kutu. Pada abadpertengahan, jutaan orang di seluruh Eropameninggal karena wabah yang diakibatkan olehkutu tikus yang banyak terdapat di rumah-rumah dan perkantoran.
19. Sekarang telah ada antibiotik yang efisienmengobati penyakit ini jika terdeteksi secaradini. Namun jika seseorang telah terinfeksi dantidak segera diobati, cenderung menyebabkankematian. Wabah pes ini terkadang masihterjadi pada masyarakat di pedesaan.
20. Tifus masih lazim di negara-negaraberkembang, sehingga para wisatawan asingharus divaksinasi terhadapnya. Penyakit inidisebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yangdibawa ke aliran darah dan saluranpencernaan.
21. Gejala-gejala tifus seperti demam yangberkelanjutan, lemah, sakit perut, sakit kepala danhilangnya nafsu makan. Pada beberapa kasus,terdapat ruam dan bintik-bintik merah padapenderita. Demam tifusbiasanya diobati denganantibiotik yang dapatmenghilang infeksi selama2-3 hari.
22. Demam kuning adalah penyakit virusmematikan yang ditularkan oleh nyamuk.Pemberian nama ini karena pasien yangterinfeksi bisa tampak kuning. Belum ada obatuntuk menyembuhkan demam kuning ini.Pengobatan yang dilakukan hanya bertujuanmengurangi gejala-gejala pasien, sepertidemam, sakit perut, muntah, serta pendarahandari mulut, hidung dan mata.
23. Faktanya ada 30.000 kematian akibat demamkuning setiap tahunnya, biasanya paling banyakdi daerah tropis. Saat ini, vaksinasi adalahtindakan pencegahan paling penting terhadapdemam kuning.
24. Antara tahun 1918 dan 1919, flu Spanyol telahmembunuh 20 hingga 40 juta orang. Ini benar-benar bencana global. Flu mematikan inimenyerangorang usia 20sampai 40 tahun,dan menginfeksi28 persen pendudukAmerika.
25. Sumber:griyasavingnet.blogspot.com/2012/09/macam-macam-penyakit-menular-pada.html
Nama Lisa
Email nurulmuchlisah22@yahoo.com
Website

The message has been sent from 37.130.229.149 (United Kingdom) at 2014-10-18 22:36:21 on Firefox 32.0
Entry ID: 25

Powered by 123ContactForm

Share this on :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

google.com, pub-4102239544909854, DIRECT, f08c47fec0942fa0