Cara Komunikasi Yang Efektif Antara Orang Tua dan Anak




Hasil gambar untuk gambar komunikasi orang tua dan anakBagaimana Cara Membangun Komunikasi yang Efektif Antara Orang Tua dan Anak
                 
                Saat ini cukup banyak kasus criminal yang melibatkan anak-anak dan remaja. Fenomena ini sebenarnya bias diminimalisir dengan membangun komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak-anak. Namun sayangnya kini banyak orang tua yang mengeluhkan bahwa anak mereka tidak mau mendengar perkataan orang tua. Sebaliknya para anak-anak dan remaja merasa orang tua mereka tidak bias diajak bicara dan tidak mau mengerti.
                Jika keadaan seperti ini terus berlanjut maka bias saja hubungan antara orang tua anak semakin buruk. Anda sebagai orang tua harus mengambil inisiatif dengan mengikuti beberapa cara untuk membangun komunikasi yang efektif berikut ini ;  

1.       Mulailah Komunikasi yang Efektif Sejak Dini
Anda akan lebih mudah membangun komunikasi yang efektif dengan anak saat mereka masih kecil. Jangan menunggu anak anda besar, karena pola pikir mereka bias saja sudah berubah karena factor lingkungan. Saat anak anda sudah besar otomatis mereka sudah sulit untuk dikendalikan. Oleh karena itu sejak dini cobalah membangun komunikasi yang efektif melalui hal-hal kecil seperti mendengan cerita mereka saat pulang sekolah atau saat mereka selesai bermain. Pancing mereka untuk selalu menceritakan apa yang terjadi saat ini.

2.       Jangan Membandingka Masa Kecil Anda denagn Anak
Banyak orang tua yang sering melakukan kesalahan ini tanpa sadar. Tahukah Anda bahwa membandingkan apa yang terjadi saat Anda masih kecil dengan kondisi anak Anda saat ini adalah hal yang sangat tidak disukai oleh mereka. Hal ini karena memang kondisi  zaman yang berubah dan pastinya tidak sama lagi. Cobalah untuk mengerti kondisi anak Anda dengan sudut pandang saat ini.

3.       Tukar Posisi
Yang dimaksud tukar posisi di sini bukan berarti Anda harus menjadi anak-anak lagi, namun cobalah mengingat masa kecil Anda. Tentu Anda pernah merasakan bagaimana rasanya berkomunikasi dengan orang tua dan pastinya terkadang Anda berpikir bahwa orang tua Anda menyebalkan . Nah di sinilah poin yang harus Anda ambil, usahakan Anda menghindari tindakan yang mungkin bias memicu, ketidaknyamanan pada anak, misalnya meremehkan anak, membanding-bandingkan , membohongi hingga menyindir anak.

4.       Hargai Pendapat Anak
Terlepas dari fakta bahwa pendapat anak Anda benar atau pun salah, Anda harus menghargai pendapat mereka, Anda memang lebih berpengalaman nemun siapa tahu pendapat anak Anda adalah benar dari sudut pandang lain. Saat pendapat mereka salah, jangan menolak apalagi menyalahkan pendapat anak secara langsung. Buatlah sedikit penjelasan yang bias membuat mereka mengerti.

5.       Fokus Pada Cerita Anak
Komunikasi yang efektif bias terjadi saat komunikasi terjadi dalam dua arah. Saat anak Anda bercerita, fokuslah dengan apa yang mereka ceritakan. Jangan melakukan aktivitas lain, menyelah atau pun menghentikan cerita mereka sebelum anak Anda yang memintanya. Hal ini akan memicu rasa nyaman anak dalam bercerita pada Anda. Dengan begini, anak akan lebih terbuka pada orang tua dan komunikasi yang efektif bias terjalin.

6.       Pelajari Kondisi Saat Ini
Penting untuk mengikuti perkembangan zaman, komunikasi yang efektif antara oarng tua dan anak hanya bias terjadi saat keduanya memiliki sudut pandang yang sama atau setidaknya salah satu pihak dapat mengerti  kondisi pihak lainnya. Dalam hal ini Anda sebagai orang tua sebaiknya tidak ketinggalan informasi terkini, mengingat anak-anak saat ini begitu cepat menerima informasi. Kepekaan orang tua terhadap informasi terkini akan membuat anak merasa nyambung dengan orang tuanya.
Saat komunikasi yang efektif telah terjalin antara orang tua dan anak maka keuntungan-keuntungan lain akan mengikuti setelahnya. Salah satu keuntungannya adalah Anda tidak akan sulit untuk mengawasi anak Anda. Komunikasi yang efektif juga akan membuat perilaku dan sikap anak menjadi lebih terkendali.
Share this on :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

google.com, pub-4102239544909854, DIRECT, f08c47fec0942fa0